Apa Sih Rumah Subsidi?

Apakah Anda pernah mendengar istilah rumah subsidi? Tentunya buat Anda yang masih awam, Anda tidak tahu istilah yang satu ini. Tapi buat Anda yang sedang mencari hunian yang nyaman dan dengan harga bersahabat pasti Anda tahu. Tapi bukan berarti rumah bersubsidi ini ditujukan untuk semua orang. Melainkan rumah ini adalah salah satu program pemerintah demi memudahkan berbagai pihak yang masih kesulitan dalam urusan memiliki hunian dan Anda bisa menabung untuk rumah idaman.

Kelebihan Mendapatkan Rumah Subsidi

Apalagi kenyataannya masih banyak sekali pihak yang tidak memiliki hunian yang layak. Alasan yang ada di belakangnya pun karena masalah ekonomi. Ataupun karena harga tanah dan bangunan yang begitu mahal. KPR ini adalah bantuan dalam likuidasi pembiayaan perumahan. Jadi bisa dikatakan KPR ini adalah subsidi yang diberikan untuk pihak yang kurang mampu. Sehingga dapat dipastikan semua orang bisa memiliki hunian layak dengan harga yang terjangkau.

Bagi Anda yang ingin memiliki hunian yang nyaman tapi bermasalah dengan uang maka Anda bisa menggunakan KPR ini sebagai pilihan. Selama Anda bisa memenuhi syarat yang ada Anda bisa mengajukan KPR ini. Terlebih lagi banyak kelebihan yang bisa Anda dapatkan. Pertama Anda bisa mendapatkan hunian dengan cicilan di bawah rata-rata. Bahkan bisa dibilang sangat murah untuk hunian dengan kelas yang sama.

Selain itu keuntungan lain yang ada dapatkan adalah proses mudah. KPR ini memberikan kemudahan untuk proses kepemilikan rumah. Jadi Anda bisa memiliki hunian yang Anda inginkan dengan mudah. Ditambah lagi untuk uang muka Anda tidak perlu pusing karena jika Anda menggunakan subsidi KPR Anda tidak perlu mengeluarkan uang muka dalam jumlah besar. Karena mulai dari uang muka hingga cicilan bulanan Anda sudah mendapatkan subsidi yang cukup.

Syarat Mendapatkan Rumah Subsidi

Nah jika Anda ingin mengajukan KPR ini maka Anda harus memenuhi persyaratan dulu dikarenakan rumah subsidi ini ditujukan untuk pihak yang kurang mampu. Jadi Anda pun harus sesuai dengan kriteria jika Anda ingin mengajukannya. Jika Anda merasa sudah lebih dari mampu akan lebih baik jika KPR  ini digunakan oleh pihak uang lebih membutuhkan. Berikut ini syarat jika Anda ingin memiliki rumah subsidi.

  • Warna negara Indonesia

Jika Anda mau mengajukan KPR ini maka Anda harus WNI. Jika Anda berkebangsaan negara lain maka Anda tidak bisa. Selain itu rumah yang Anda beli harus Anda tinggali. Tidak bisa Anda kontrakan untuk orang lain atau jika Anda di luar negeri Anda pun tidak bisa memiliki rumah subsidi ini. Jika Anda ketahuan mengontrakan maka rumah akan kembali pada kreditan harga aslinya.

  • Usia 21 atau sudah menikah

Minimal usia yang diperbolehkan adalah 21 tahun atau ketika Anda sudah menikah sehingga Anda boleh mengajukan permohonan KPR ini. Tidak lupa Anda pun harus baru pertama kali membeli rumah. Atau dengan kata lain rumah KPR ini adalah rumah pertama Anda. Jika tidak maka Anda tidak bisa mendapatkan subsidi untuk rumah yang Anda inginkan.

  • Memiliki NPWP dan STP tahunan

Anda pun harus memiliki NPWP atau nomor pokok wajib pajak dan SPT tahunan PPh harus dilampirkan oleh Anda sendiri karena akan berhubungan dengan pajak bumi bangunan (PBB) rumah. Kalau Anda belum memiliki NPWP maka Anda harus membuatnya terlebih dahulu. Karena ini sudah ketentuan dari pemerintah pusat.