Persiapan Sebelum Membeli Rumah Idaman

Rumah adalah salah satu benda yang tentunya wajib dimiliki oleh semua orang apalagi untuk Anda pasangan muda. Atau untuk Anda yang baru merintis hendak memiliki hunian sendiri pasti Anda butuh rumah yang tepat untuk Anda gunakan bersama keluarga nantinya. Anda bisa saja membeli rumah langsung di perumahan. Atau Anda ingin membeli rumah di lokasi pedesaan atau lingkungan sekitar tempat Anda tinggal sekarang dan Anda bisa mengatur rumah sempit jadi luas.

Tips Jitu Memilih Rumah Idaman

Tapi sebelum semuanya Anda tetap harus membuat sebuah persiapan dulu. Membeli rumah tidak semudah membeli makanan, sehingga persiapan yang matang harus Anda lakukan. Setidaknya Anda harus melakukan beberapa hal atau persiapan yang wajib dilakukan. Terlebih jika Anda ingin membeli rumah di perumahan atau yang lebih mudah dikenal dengan perumahan KPR. Jadi Anda bisa mencicil pembayarannya nanti. Berikut ini Anda bisa melakukan beberapa persiapan sebelum membeli rumah idaman.

  • Budget yang dianggarkan

Hal pertama sebelum Anda ingin membeli rumah yang mesti dipersiapkan sebagai persiapan awal yang Anda lakukan jelas budget yang Anda miliki. Anda harus memberikan target maksimal harga rumah yang akan Anda beli. Tidak lupa pula kira-kira Anda mampu untuk membayar setiap bulannya maksimal berapa untuk menyesuaikan dengan pendapatan bulanan Anda. Nah untuk uang muka pun Anda harus menyesuaikan dengan budget yang Anda miliki dan memperhitungkan biaya bulanan yang harus Anda bayarkan.

  • Lokasi yang dipilih

Yang kedua jelas lokasi yang Anda inginkan. Perumahan mana yang Anda mau karena satu lokasi dengan lokasi lain jelas memiliki harga yang berbeda. Jika Anda sudah menemukan perumahan yang Anda inginkan maka Anda pilih lokasi rumah yang paling Anda incar. Pastikan Anda memilih lokasi rumah yang mudah diakses untuk keperluan yang umum. Seperti sekolah ataupun rumah sakit harus bisa Anda akses dengan mudah dari rumah. Tapi lokasi ini jelas memiliki pengaruh dengan harganya.

  • Desain rumah idaman

Yang ketiga adalah desain yang Anda inginkan. Anda mau membeli rumah satu lantai atau dua lantai. Ukuran dua kapling atau tiga kapling. Tentu hal ini juga menyesuaikan dengan banyak keluarga yang Anda miliki. Jika Anda ingin mendesain sendiri rumah yang Anda inginkan akan lebih baik jika Anda membeli lokasi yang masih dalam bentuk lahan. Belum berbentuk rumah sehingga Anda bisa sekalian merenovasinya.

  • Waktu penempatan

Persiapan membeli rumah ini pun juga menyesuaikan dengan waktu penempatan yang akan Anda lakukan. Pasalnya jika Anda ingin buru-buru menempati Anda bisa membeli rumah yang telah jadi. Jika Anda masih lama Anda bisa memilih rumah yang masih inden atau masih dalam tahap pengerjaan.

Kalau Anda sudah melakukan berbagai persiapan yang bisa Anda lalukan sebelum Anda membeli rumah seperti yang sudah dikatakan di atas. Maka sekarang Anda harus membaca tips untuk memilih rumah idaman. Kan pastinya Anda harus mendapatkan rumah terbaik yang akan dihuni keluarga Anda tercinta. Jadi lebih baik Anda mengikuti tips berikut ini.

  • Arah sinar matahari

Ketika Anda ingin memilih rumah idaman. Maka yang Anda perlukan adalah melihat arah rumah Anda tersebut. Akan lebih baik jika Anda memilih rumah yang menghadap sinar matahari pagi. Karena rumah Anda tidak akan panas saat malam hari serta rumah Anda akan semakin sehat karena tercukupi sinar matahari pagi.

  • Fasilitas

Lihat pula fasilitas yang Anda dapatkan di lingkungan Anda tinggal tersebut. Pastikan Anda memiliki akses yang mudah dan cepat jika ingin menikmati lokasi umum. Sebut saja sekolah tempat ibadah ataupun rumah sakit. Atau yang paling penting adalah taman yang bisa Anda gunakan berolahraga atau bersantai dengan nyaman.

  • Keamanan

Nah keamanan lingkungan hunian yang Anda akan pilih pun perlu Anda perhatikan. Jangan sampai Anda memilih lingkungan yang tidak memiliki keamanan ketat. Setidaknya setiap masuk kompleks harus ada tim keamanan. Jangan lupa pastikan lokasi Anda tinggal dekat dengan lokasi yang ada CCTV-nya.

Pentingnya Lokasi Untuk Hunian

Apakah Anda bertanya mengapa sih lokasi itu penting? Jelas sangat penting jika Anda membicarakan membeli rumah. Karena ini akan menjadi tempat Anda tinggal. Anda pastinya tidak mau jika Anda memiliki hunian yang lokasinya tidak strategis. Misalnya Anda harus memilih lokasi di pojok atau hook. Karena lokasi seperti ini memiliki harga yang memang sedikit lebih mahal. Jadi Anda bisa menjadikannya investasi.

Selain itu lokasi dan fasilitas yang ada juga berpengaruh. Semakin banyak fasilitas yang ada di lingkungan Anda akan membuat Anda semakin nyaman tinggal. Selain itu Anda tidak perlu kesusahan jika Anda ingin melakukan banyak hal. Anda bisa dengan mudah pergi ke mana pun yang Anda mau karena hunian Anda memberi akses yang nyaman.